Friday, March 15, 2013

drama legenda ande ande lumut

Drama ini dulu saya buat bersama teman teman saya sewaktu smp.sebenarnya saya sudah memodifikasi cerita ini sedemikian rupa dan mendapat kan hasil yang,,, yah bisa dibilang lumayan :D
drama ini kami buat sih sebenernya untuk ujian praktek bahasa indonesia,walaupun legenda,tapi lucu kok... cekidot


Ande ande lumut

Narrator : pada suatu hari angin topan melanda sebuah desa yang aman dan tentram.semua rumah hancur lebur, pohon-pohon berterbangan .banyak warga meninggal ,termasuk keluarga klenting kuning.ayah dan ibunya meninggal tertimpa pohon kelapa tumbang. Akhirnya klenting kuning terpaksa tinggal bersama tantenya bernama mami rondo dadapan.pada awalnya mami rondo sangat baik tapi lama kelamaan dia menjadi kejam dan jahat begitupun dengan sepupu klenting kuning yaitu anak mami rondo dadapan. Dia adalah klenting merah . dia sering memusuhi klenting kuning dan menganggapnya seperti budak.
ADEGAN 1:

Mami Rondo               : (duduk dan memakai kipas)
  “Aduh..panas sekali sich,…klenting kuning,klenting kuning… ambilkan es untukku!!! Cepat..dong”
Klenting kuning          :  “iya tunggu sebentar…(membawa gelas)ini mi air nya”
Mami rondo                : “lama sekali..ngapain ja kamu!tidur ya..? bermalas malasan….”
Klenting kuning          :  “ahh enggak kok. Saya kan sibuk didapur.katanya mau makan ayam goreng? Nah itu lagi saya masakin”
Mami rondo                : “alah… alasan saja bisanya (jalan mondar mandir)
                                    anakku yang cantik itu mana?kok ngak keliatan batang hidungnya? Biasanya dia jm segini sudah berdandandengan cantik..siapa tau ada pangeran tampan yang ngajak married?”
Klenting kuning          : “ih… amit amit dech.. cakepan juga gw”
Mami rondo                : “eh.. tadi kamu bilang apa??..ngomong apa kamu barusan!”
Klenting kuning          : “ah..enggak kok kuning ngak ngomong apa-apa”
Mami rondo                : “eh.. kamu piker aku tuli iya!!”
Klenting merah           ; (masuk kedalamrumah sambil tergesa-gesa) “mi..mi.. ada berita heboh!! Pokoknya heboh..”
Mami rondo                : “aduuuuh…kalo ngomong pelan-pelan dong..”
Klenting merah           : “yah…mami mah kagak gaul,makanya jangan kuper .jalan-jalan dong kaya merah..”
Klenting kuning          ; (ikut tertawa)           
Mami rondo                : (melihat klenting kuning) “eh… kamu ya!ngapain kamu ikut-ikut ketawa?? Hah..”
Klenting kuning          : “oops.. maaf mi agak latah nih…”
Mami rondo                : “ih…kamu yah”
            Tiba-tiba datang seorang pengawal membawa selebaran misterius dari kota

Pengawal                     : “undangan,,,, undangan
                                     Kok sepi yah… pulang aja deh..”
Mami rondo                : (maju mendekat) “ siapa kamu ?”
Klenting merah           : “ AHHHHH”(terkejut)
Mami rondo                : “ih..kamu apa sih..ngagetin mami aja”
Klenting merah           : “aduh mi.. ini kan pengawal konglomerat itu loh.. dia pasti membawa undangan untuk kita..”
Pengawal                     : “ ya ..betul… kok tau?”
Klenting merah           : “kita kan sehati…kamu lupa ya?”
Pengawal                     : “ah.. nona ini bisa  aja,,, ni undangan nya..
                                     Klo ngak jadi sama majikan saya..ya sama saya aja..hehehe”
Mami rondo                : “hu….ngaca dong! Anak saya ini ngak selevel sama kamu”
Klenting kuning          : “pengawal…semua gadis boleh ikut kan??”
Pengawal                     :”iya boleh dong… knapa? Kamu mau ikut juga?”
Mami rondo                : “oh….NO…NO…NO,dia tidak akan ikut…dia harus beres-beres rumah,bersih-bersih, masak, cuci pokoknya harus dirumah…gak ada acara ikut-ikut segala.. rempong dech”
Klenting kuning          : “loh…kok?”
Mami rondo                : “eits… ngak boleh protes…”
Klenting merah           : “ia maunya maunya ikut-ikut terus,,masuk aja sana..sana masuk

ADEGAN2
Narrator                       :akhirnya klenting kuning lari dan menuju ke kamarnya.biasanya dia selalu mengurung dirinya saat sedang sedih.tiba-tiba ada suara lembut terdengar.
Suara                           : “klenting kuning…mengapa kau menangis…?”
Klenting kuning          : “siapa kamu?”
Suara                           : “tak penting siapa aku…. Aku hanya ingin membantumu.. jadi jika kamu mau curhat cerita saja..”
Klenting kuning          : “aku ngak boleh pergi ke undangan special itu padahal aku mau ikut. Mami nyuruh aku jaga rumah.mending Cuma jaga ,suruh beres-beres lagi,apalagi suruh nyuci semua pakaian ini,,hari gini nyuci!! Apa gunanya laundry?..aku ngak boleh keluar kalo balum selesai.”
Suara                           :  “wah…. Mami kamu killer banget,,yaudah ntar aku bantuin nyelesainnya deh.dan semua pakaian nya aku kirim ke laundry.”
Klenting kuning          : “wah…..thanks ya walaupun baru kenal..kamu baik banget deh..”
ADEGAN 3
Narrator                       :Esok harinya,setelah semua orang sudah pergi menuju rumah ande ande lumut.tiba tiba semua pekerjaan dan seluruh rumah sudah bersih dan tertata rapi,dan klenting kuning masih saja sibuk dengan panci  butut nya..
Suara                           :” “klenting kuning… ngapain kamu?”
Klenting kuning          : “ngak liat apa? Aku lagi nyuci panci tau…”
Suara                           : “nga liat lah… aku kan Cuma suara doank di cerita ini,,”
Klenting kuning          : “oh.. iya ya aku lupa”
Suara                           : “ish… kamu rempong amat sih. Nuga nega naboda doe  jal naga…. (cling…)taraaaa…. Pancinya bersih”
Klenting kuning          : “wah…. Hebat kamu… skarang aku mau berangkat ke pesta dulu”
Suara                           : “tunggu dulu (tiba tiba ada permen)”
Klenting kuning          : “permen  apa niy?”
Suara                           : “permen kopi ini adalah kesukaan kang yuyu..setelah memakan permen ini dia pasti akan pingsan.jadi dia gk bisa ngegodain kamu untuk menjadi pengikutnya,,,tapi ingat kamu harus memberikan saat sudah menyebrang ok!”
Klenting kuning          : “ok deh”
ADEGAN 4
Narrator                       :setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh akhirnya klenting merah dan mami rondo sampai di sebuah sungai yang di sebrang nya ada rumah ande ande lumut,mereka kebingungandan dikagetkan oleh seseorang yang aneh membawa sampan.
Kang yuyu                  : “hahahaha.. cewe. Mau kemana nih?”
Klenting merah           : “siapa kamu?”
Kang yuyu                  : “judes amat sih…aku si kang yuyu yang kata orang penguasa sungai ini,,pekerjaan ku menyebrangkan orang ke sebrang sungai.”
Klenting merah           : “kebetulan dong,, kami mau menyebrang untuk dating ke pesta ande ande lumut di sebrang.”
Kang yuyu                  : “owalah….ok,ok,, tapi ada imbalannya…”
Klenting merah           : “apa?”
Kang yuyu                  ; “kalian harus jadi pengikutku… klo ngak mau ,nyebrang ja sendiri”
Mami rondo                : “kalo dah jadi pengikutmu,, trus apa?”
Kang yuyu                  : “aku akan menggambar tanda hitam di dahi kalian”
Mami rondo                : “ahh… kalo Cuma itu mah kecilllll…..come on kita berangkat”
Klenting merah           : “okey deh mi”
Kang yuyu                  :  “yuk naek…”
Kang yuyu                  : (sampai di sebrang) “nah kita sudah sampai. sini!!!”
(menggambartanda hitam di dahi mereka)
ADEGAN 5
Narrator                       : setelah mami rondo dan klenting merah pergi kang yuyu merasa senang karena pengikutnya bertambah,kemudian datanglah klenting kuning
Kang yuyu                  :”hai cewe,, aku kang yuyu ,,yang kata orang penguasa sungai ini,,kamu mau nyebrang juga?”
Klenting kuning          : (kaget) “AHH,, kamu kang yuyu?,,iya sih aku pengen nyebrang.”
Kang yuyu                  : “ok..ok.. akan aku sebrangkan kamu.tapi aku punya syarat”
Klenting kuning          : “ok.. syarat nya apa??"
Kang yuyu                  : “kamu harus menjadi pengikutku.dan aku akan member tanda hitam didahimu sebagai tanda”
Klenting kuning          : “emmm…ok deh..capcus..”
Kang yuyu                  : “yuk naek” (menyebrang sungai)
                                      Nah dah sampai sesuai kesepakatan akan ku gambar dahi mu dengan tanda hitam”
Klenting kuning          : “eit…tunggu dulu.. aku punya sesuatu buat kamu”
Kang yuyu                  : “apa itu?”
Klenting kuning          : “ini permen kopi ajaib yang bisa merubahmu menjadi lebih tampan dari ande ande lumut”
Kang yuyu                  : “waaaaaaaaah… mau,,mau sini permennya”
Klenting kuning          :”nih”
 Kang yuyu                 : “hmm enak,,, ah..(pingsan)”
Klenting kuning          : (pergi meninggalkan kang yuyu yang pingsan)
ADEGAN 6
Narrator                       :  “klenting merah dan maminya sampai di rumah ande ande lumut,,mereka masuk untuk menemui ayah ande ande lumut”
Mami rondo                : “permisi juragan”
Ayah ande                   : “silahkan masuk”
Klenting merah           : “juragan, dimana ande ande lumut?.kenapa tidak menemui kami?”
Ande ande lumut        : “aku disini”
Klenting merah           : “wah…. Ande ande lumut..pilihlah aku sebagai istrimu aku terkenal cantik lo..”
Ande ande lumut        : “kau memang cantik tapi kau bukan tipe ku”
Mami rondo                : “ah…kalau begitu apakah kau suka tipe cewek yang lebih tua? Bagaimana kalau sama aku aja?”
Ande ande lumut        : “aduh…dasar tante ganjen”
(tiba-tiba terdengar suara klenting kuning)
Klenting kuning          : “halo,,,,permisi.. apakah saya bisa bertemu dengan ande ande lumut?
Mami rondo                : “loh…kuning.. kamu ngapain kesini.pulang sana!! Kamu masih harus beres beres, awas belum beres semua.”
Klenting merah           : “ah… suasana jadi kacau kalau kamu dating.pulang aja sana!!
Ande ande lumut        : “tunggu dulu!!kamu… siapa namamu?”
Klenting kuning          : “klenting kuning
Ande ande lumut        : “ayah…gadis ini menarik hati.. dia cantik dan yang terpenting dia tidak mempunyai tanda hitam di dahi”
Ayah ande                   : “iya ,,benar juga, mereka memiliki tanda hitam kecuali kelenting kuning,,,,, memangnya ada apa dengan tanda hitam?”
Ande ande lumut        : “jika mempunyai tanda hitam di dahi berarti dia pengikutnya kang yuyu.dan karena klenting kuning yang tidak mempunyai tanda hitam maka aku memilih klenting kuning.”
Klenting kuning          : “hore,,,,”
Klenting merah           : “ STOP…. Memang nya kenapa dengan tanda hitam initoh ini hanya sebuah tanda bahwa kami pengikut kang yuyu.”
Mami rondo                : “iya bukan hal yang besar… kok”
Ayah ande                   : “tentu saja hal yang besar,karena tanda hitam di dahi berarti calon istrinya kang yuyu”
Klenting merah           : “hah….”
Kang yuyu                  : “mana calon istri ku,,,, hahaha ayo ikut aku”
Pengawal                     : “ stop… ini makan (permen)”
Kang yuyu                  : “hah…permen enak… oops pingsan lagi deh (pingsan)
Klenting merah           : “pahlawan ku….”
                                      Akhirnya klenting kuning hidup bahagia dengan ande ande lumut dan klenting merah bahagia dengan pahlawannya….

-Tamat-





No comments:

Post a Comment

Post a Comment